10 Wasiat Umaamah bintu al-Haarits kepada Ummu Iyaas



    Mudahnya wanita masuk sorga salah satunya adalah dengan menta’ati suami sebagaimana sabda beliau :

إذا صلت المرأة خمسها ، وصامت شهرها ، وحصنت فرجها ، وأطاعت زوجها قيل لها : ادخلي الجنة من أي أبواب الجنة شئت

“jika wanita sholat lima waktu, dan berpuasa di bulannya, dan menjaga kemaluannya, dan mentaati suaminya, maka dikatakan padanya : masuklah ke surga dari pintu mana saja yang dia mau(shohih al-Jami’ 660)

فانظري أين أنت منه ، فإنما هو جنتك ونارك 

“Maka lihatlah kedudukkanmu disisinya, maka dia adalah surgamu dan nerakamu”(shohih al-Jami’ 1509)


  Wasiat Umaamah bintu al-Harits assyaibaaniy kepada anak gadisnya Ummu Iyaas Ketika akan menikah dengan Amru bin Hajar raja kindah, dia berkata :

Wahai putriku sesungguhnya jika wasiat ini engkau tinggalkan untuk adab yg mulia maka aku tak akan menasehatimu lagi, akan tetapi dia adalah pengingat bagi yang lalai dan penolong bagi seorang yang berakal. walaupun seorang wanita tidaklah butuh kepada suaminya karena kekayaan ayahnya dan beratnya kebutuhan mereka akan pernikahan. engkaulah orang pertama membuangnya, akan tetapi wanita untuk laki-laki, dan mereka diciptakan untuk laki-laki.

wahai putriku, engkau akan berpisah dari lingkungan tempat engkau dimanja dan pergi ke tempat baru bersama seorang yang tidak engkau kenal. Jadilah budaknya, maka dia akan menjadi budakmu. Pegang teguh sepuluh hal ini, dan hal tersebut akan membantumu.

Adapun yang pertama dan kedua :

Berhiaslah dengan Qona’ah, jadilah pendengar yang baik dan mentaatinya, karena dalam qona’ah terdapat ketenangan hati, hidup yang baik dan keridho’an Robb..

Adapun yang ketiga dan keempat :

Jagalah tempat-tempat mata dan hidungnya, jangan sampai matanya melihatmu dengan sesuatu kejelekan, dan dia tidak mencium bau darimu kecuali dengan aroma wangi, ketahuilah bahwasanya celak  sebaik-baik perhiasan dan air sebaik-baik obat. 

Adapun yang kelima dan keenam :

Jagalah waktu tidur dan makannya, sesungguhnya lapar dapat mendatangkan marah, sedangkan kurang tidur menjadikan seorang tidak stabil. 

Adapun ketujuh dan kedelapan :

Berhati-hatilah dalam mengunakan hartanya, Dan berbuat baik terhadap keluarganya, dan berhemat dengan hartanya, dan pandai mendidik dan mengasuh anak-anak. 

Kesembilan dan kesepuluh :

Jangan menolak perintahnya serta jangan membuka rahasianya, jika engkau menyelisihi perintahnya jika engkau mengungkapkan rahasianya, engkau tidak akan pernah aman dari makarnya, dan jika engkau menentang perintahnya, dia akan menyimpan kebencian terhadapmu. Selain itu, jangan bergembira ketika dia bersedih, dan jangan engkau bersedih Ketika dia bergembira, karena yang pertama adalah tanda kelalaian, dan yang kedua adalah ketidak nyamanan. Semakin engkau menghormatinya, semakin dia akan menghormatimu. Semakin engkau mematuhinya, semakin baik dia mempergaulimu. Ketahuilah bahwa engkau tidak akan sampai kepada apa yang engkau inginkan sampai engkau lebih memilih ridhonya atas keridhoanmu dan keinginannya daripada keinginanmu pada apa yang engkau cintai dan apa yang engkau benci, dan Allah akan melimpahkan kebaikan untukmu. Aku titipkan engkau kepada Allah.

Faedah ini kami dapatkan juga dari kajian uts Armen Halim Naro Rahimahulloh dan kami nukil dari situs bawah ini

https://www.naseemalsham.com/subjects/view/28496


disusun oleh Hanif abu Muhammad

21 Rabi'ul Akhir 1442/ 7 Des 2020

 

 

 

 

 

Share on Google Plus

About abu muhammad

Kami adalah kaum yang dimuliakan Allah dengan Islam, maka jika kami mencari kemuliaan dengan selainnya, maka Allah akan menghinakan kami [Umar bn Khattab].
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar

Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka berbicaralah yang baik atau diamlah” (HR Bukhari, Muslim)