Sekularisme dan Kesesatannya

 

             Sekularisme dan jejaknya yang shohih : sekularisme dan dunia, adalah ajakan kepada cara pandang hidup di atas suatu ilmu buatan dan akal dan memperhatikan maslahat yang menjauhkan dari agama dansebagai alat yang bersanding dengan politik terutama dalam aturan sekuler, dan dia adalah istilah yang tidak ada hubungannya dengan suatu ilmu.

Dan telah muncul di eropa sejak abad ke 17M dan menyebar ke timur di awal-awal abad ke 19M dan berpindah dalam bentuk yang nyata ke mesir , Turki, Iran, Libanon, Suriah kemudian Tunis dan masuk ke Irak di akhir-akhir abad ke 19M. Adapun yang terakhir dari negri-negri arab masuknya di abad ke 20M.

Makna sekuler yang disepakati adalah “ menjauhkan agama dari negara dan kehidupan masyarakat dan menguncinya untuk individu saja” dan tidak mengesampingkan antara hubunganya dan tuhannya, dan di perbolehkan baginya untuk mengekspresikan dirinya menampakkan syi’ar dan peribadahan yang berhubungan dengan pernikahan, pengurusan jenazah dan semisalnya.

Sekuler mencocoki Nasrani dalam memisahkan agama dari negara, dimana kaisar memiliki otoritas negara dan tuhan memiliki otoritas gereja. Ini terbukti dari apa yang mereka sandarkan kepada nabi Isa dari ucapannya : “Berikan kepada Kaisar apa yang menjadikan bagiannya dan untuk Tuhan bagian-Nya .” Adapun Islam, Islam tidak mengenal pembagian seperti ini, dan bagi setiap Muslim adalah segalanya untuk Allah dan hidupnya adalah untuk Allah.

{قُلْ إِنَّ صَلاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ} [الأنعام: 162]

“katakanlah, sesungguhnya sholatku, semblihanku hidup dan matiku hanya bagi Allah robbul alamin”

 

Asas Sekuler dan Hak Perorangan. 

Menyebarnya pemahaman ini di eropa Ketika dunia di pengaruhi oleh kekuasaan barat dan infiltrasinya komunis, dan kemunculannya sebelum dan sesudah Revolusi Prancis pada tahun 1789M dan meluas penyebarannya dan puncak kristalisasi metodologi serta gagasannya, dan peristiwa-peristiwa perkembangannya menurut urutan berikut ini:

-          Berubahnya pendeta menjadi tiran, mereka berubah jadi politikus dan lalim berkedok pendeta, dan rahbaniyyah, dan perjamuan tuhan, serta menjual pengampunan dosa.

 

-          Gereja menentang sains dan dominasinya atas pemikiran, untuk mengadili dan menuduh para ilmuwan-ilmuwan mereka menyeleweng, seperti:

 

1.      Copernicus: Pada tahun 1543 M ia menerbitkan buku, pergerakan benda-benda langit, dan Gereja melarang buku ini.

2.      Gradano: Dia membuat teleskop dan dia disiksa dengan kejam pada usia tujuh puluh tahun dan meninggal pada 1642 M.

3.      Spinoza: Pemilik sekolah kritik sejarah dan nasibnya harus mati dalam isolasi.

4.      John Locke: Dia menuntut agar wahyu tunduk pada akal ketika itu bertentangan.

 

Awal Munculnya sebuah akal dan alam : yang telah dipakai kaum sekuler dan mereka menyerukan kemerdekaan akal dan mengembalikan sifat-sifat Tuhan kepada alam.

 

- Revolusi Prancis: Sebagai akibat dari konflik antara Gereja dan gerakan baru di sisi lain, pemerintah Prancis lahir pada tahun 1789 M dan merupakan pemerintah non-agama pertama yang memerintah atas nama rakyat. .

- Jean-Jacques Rousseau pada tahun 1778 M, bukunya The Social Contract yang merupakan Injil revolusi perancis, Montesquieu dengan :”the spirit of the law”nya. Spinoza (seorang Yahudi) dianggap sebagai pelopor sekularisme sebagai pendekatan terhadap kehidupan dan perilaku dan memiliki tulisan Tractatus Theologico-Politicus, Voltaire, penulis “hukum alam”, agama hanya dalam batas-batas nalar saja pada 1804 M, dan William Godin pada 1793 M memiliki kitab keadilan politik dan seruan di dalam buku tersebut adalah ajakan kepada sekuler secara eksplisit.

- Mirabeau: yang dianggap sebagai orator, pemimpin dan filsuf Revolusi Prancis.

- memprovokasi masyarakat agar menghancurkan  pastel dan sloganya sebuah roti, kemudian mengubah slogannya menjadi (Kebebasan, Kesetaraan dan Persaudaraan), yang merupakan slogan Masonik dengan (menjatuhkan kembali), yang merupakan ucapan bengkok yang berarti agama, dan orang-orang Yahudi menembus dengan slogan ini untuk mendobrak pembatas antara mereka dan aparat negara dan menghilangkan perbedaan agama, dan revolusi berbalik dari sebuah revolusi Tentang kezaliman pendeta hingga revolusi melawan agama itu sendiri.

- Teori evolusi: Buku tentang asal usul spesies muncul pada tahun 1859 M oleh Charles Darwin, yang berfokus pada hukum seleksi alam dan kelangsungan hidup manusia dan akhirnya.

Teori ini menyebabkan runtuhnya kepercayaan agama dan penyebaran ateisme, orang-orang Yahudi menggunakan teori ini dengan licik dan jahat.

- kemunculan Nietzsche: dan filosofinya bahwa Tuhan sudah mati dan bahwa manusia tertinggi (Superman) dan harus menggantikannya.

- Durkheim (Yahudi): kombinasi antara kebinatangan manusia dan materialitas dengan teori pikiran kolektif.

- Freud (Yahudi): Dia mengadopsi dorongan seksual sebagai penjelasan untuk semua fenomena, dan dalam pandangannya manusia adalah hewan seksual.

- Karl Marx (Yahudi): Penulis interpretasi materialistik sejarah yang percaya pada evolusi deterministik dan dia adalah penyeru dan pendiri komunisme yang menganggap agama sebagai candu rakyat.

- Jean-Paul Sartre: Tentang Eksistensialisme dan Colin Wilson tentang Non-Afiliasi: Mereka Menyebut Eksistensialisme dan Ateisme.

 

Tren sekuler di dunia Islam : 

1- Di Mesir: sekularisme memasuki Mesir dengan kampanye Napoleon Bonaparte, dan Al-Jabarti merujuknya di bagian yang dikhususkan untuk kampanye Prancis melawan Mesir dan peristiwa-peristiwa yang berkaitan dengan makna sekularisme, bahkan jika kata itu tidak disebutkan secara eksplisit. Yang menggunakan istilah sekuler ini adalah seorang Nasrani bernama elias boktor dalam kamus Arab-perancis yang ditulisnya pada tahun 1827 M, Khedive Ismail memperkenalkan hukum Prancis pada tahun 1883 M, dan Khedive ini terpesona oleh Barat, dan itu adalah harapannya untuk menjadikan Mesir bagian dari Eropa. 

2- India: Sampai tahun 1791 M, aturan-aturannya sesuai dengan hukum Islam, kemudian berangsur-angsur secara perlahan menghapuskan hukum Islam dan dikokohkan oleh Inggris, dan berakhir sepenuhnya pada pertengahan abad kesembilan belas.

3- Aljazair: penghapusan hukum Islam setelah pendudukan Perancis pada tahun 1830 M.

4- Tunisia: Hukum Prancis diperkenalkan di sana pada tahun 1906 M.

5- Maroko: Hukum Prancis diperkenalkan di dalamnya pada tahun 1913.

6- Turki mengenakan pakaian sekularisme setelah penghapusan kekhalifahan dan stabilitas masalah di bawah kendali Mustafa Kemal Ataturk, meskipun ada indikasi dan perkenalan sebelumnya di sana.

7- Irak dan suriah: Syariah dihapuskan selama hari-hari penghapusan Kekhalifahan Ottoman, dan Inggris dan Prancis mengokohkannya.

8 - Sebagian besar Afrika: Ada pemerintahan Kristen yang mengambil alih kekuasaan setelah kepergian kolonialisme.

9- Indonesia dan sebagian besar Asia Tenggara adalah negara sekuler .

10- Penyebaran partai sekuler dan konflik nasionalis: Partai Baath, Partai Nasionalis Suriah, Firaunisme, Turanisme, Nasionalisme Arab.

11- Di antara pendukung sekularisme paling terkenal di dunia Arab-Islam: Ahmed Lotfi Al-Sayed, Ismail Mazhar, Qasim Amin, Taha Hussein, Abdel Aziz Fahmy, Michel Aflaq, Antoine Saadeh, Sukarno, Soharto, Nehru, Mustafa Kemal Ataturk, Jamal Abdel Nasser, Anwar Sadat (Pemilik slogan: Tidak ada agama dalam politik, tidak ada politik dalam agama), Dr. Fouad Zakaria, Dr. Faraj Fouda baru-baru ini dibunuh di Kairo, dan lainnya.

 

Ide dan keyakinan sekuler: 

-          Sebagian sekuler menyangkal keberadaan Allah pada asalnya.

-    Beberapa dari mereka percaya akan keberadaan Allah, tetapi mereka percaya bahwa tidak ada hubungan antara Allah dan kehidupan manusia.

-          Hidup didasarkan pada pengetahuan mutlak dan di bawah otoritas akal dan eksperimen.

-          Membentuk pembatas antara dunia roh, materi, dan spiritualitas memiliki nilai negatif.

-          Memisahkan agama dari politik dan membangun kehidupan berdasarkan materi.

-          Menerapkan prinsip utilitarianisme(memaksimalkan kebahagian mengurangi penderitaan) dalam segala hal dalam hidup.

-          Mengadopsi prinsip Machiavellian dalam filosofi pemerintahan, politik dan etika.

-          Menyebarkan pornografi, kekacauan moral, dan menghancurkan keluarga menjadi tujuan awal dari struktur sosial.

Adapun keyakinan sekuler di dunia Islam dan Arab yang menyebar berkat kolonialisme dan para misionaris..


 Pemikiran dan Keyakinan Sekuler

-          Menantang kebenaran tentang Islam, Al-Qur'an, dan kenabian.

-          Klaim bahwa Islam telah mencapai tujuannya dan terdiri dari upacara dan ritual spiritual.

-          Klaim bahwa fikih Islam berasal dari hukum Romawi.

-          Ilusi bahwa Islam tidak sesuai dengan peradaban dan menyerukan keterbelakangan.

-          Menyerukan kebebasan wanita menurut metode Barat.

-       Mendistorsi peradaban Islam dan membesar-besarkan ukuran gerakan destruktif dalam sejarah Islam, mengklaim bahwa mereka adalah gerakan reformasi.

-          Menghidupkan kembali peradaban kuno(kesyirikkan mengatasnamakan budaya nenek moyang).

-          Mengadopsi sistem dan kurikulum sekuler dari Barat dan menirunya.

-          Pendidikan bagi generasinya adalah pendidikan sekuler.

 

Sekularisme memiliki akar intelektual dan ideologis:

Permusuhan mutlak mereka awalnya terhadap Gereja dan kemudian kepada agama, apa pun itu, apakah dia disisi sains atau adat.

Orang Yahudi memiliki peran penting dalam tersebarnya sekularisme untuk menghilangkan penghalang agama yang berdiri di hadapan orang Yahudi, menghalangi mereka dan bangsa-bangsa di bumi.

Alfred White Hugh berkata: “Tidak ada pertanyaan di mana sains bertentangan dengan agama kecuali bahwa yang benar adalah sains dan kesalahan adalah pada agama.” Pernyataan ini, jika benar antara sains dan teologi di Eropa, pernyataan ini terbantahkan dan tidak benar dalam hal apapun yang berkaitan dengan Islam, karena sama sekali tidak ada kontradiksi antara Islam dan Fakta sains, dan tidak ada konflik di antara mereka seperti yang terjadi dalam agama Kristen.

- Menggeneralisasikan teori (permusuhan antara sains dan agama di satu sisi) agar agama Islampun masuk dalamnya, terlepas dari kenyataan bahwa agama Islam tidak berdiri pada posisi gereja melawan kehidupan dan sains sampai Islam lebih dulu untuk menerapkan metode eksperimental dan menyebarkan sains.

Menyangkal akhirat, tidak mengupayakannya, dan memastikan bahwa kehidupan duniawi adalah satu-satunya.

 

Mengapa Islam menolak sekularisme? :

- Karena mengabaikan fitrah manusia disebabkan manusia itu tersusun dari fisik dan ruh, sehingga memperhatikan tuntutan raganya saja dan tidak memperhatikan keinginan jiwanya.

- Karena tumbuh di lingkungan Barat sesuai dengan kondisi sejarah, sosial dan politiknya dan dianggap sebagai pemikiran yang aneh di lingkungan timur.

- Karena memisahkan agama dari negara, membuka jalan menuju individualisme, kelas, rasisme, sektarianisme, nasionalisme, golongan, dan kelompok-kelompok.

- Karena hal tersebut memberi jalan bagi penyebaran ateisme, kebebasan, keterasingan, kelemahan, kerusakkan dan dekadensi moral.

Karena itu membuat kita berpikir dengan mentalitas Barat, jadi kita tidak mengutuk hubungan bebas antara jenis kelamin dan menginjak-injak moral masyarakat dan membuka pintu lebar-lebar untuk praktik-praktik tercela, mengizinkan riba dan menaikkan nilai seni menjadi seni, dan setiap orang berusaha untuk menyenangkan dirinya sendiri bahkan dengan mengorbankan orang lain.

- Karena itu menularkan kepada kita penyakit masyarakat Barat dari pengingkaran mereka terhadap hisab kiamat, dan kemudian mencari seseorang untuk menjalani kehidupan yang tidak stabil, mulai dari membatasi keyakinan agama, mengobarkan naluri duniawi seperti keserakahan, manfaat dan perselisihan untuk bertahan hidup, dan suara hati nurani menjadi tidak ada.

- Dengan munculnya sekularisme, pendidikan dikhususkan untuk mempelajari zahir kehidupan saja yang tunduk pada penelitian dan pengamatan, mengabaikan hal-hal yang ghoib seperti iman kepada Allah, hari kebangkitan, pahala dan hukuman, dan dengan demikian sebuah masyarakat didirikan yang tujuannya adalah kesenangan hidup dan setiap kesenangan yang murah.


Sekularisme dan Awal mulanya :

Sekularisme dimulai di Eropa dan menjadi kehadiran politik dengan lahirnya Revolusi Perancis pada tahun 1789 M, dan menyebar ke Eropa pada abad kesembilan belas dan menyebar  memasukkan pengaruhnya kepada sebagian besar negara di dunia dalam politik dan pemerintahan pada abad kedua puluh di bawah pengaruh kolonialisme dan misionaris.

 

Penjelasan dari Sebelumnya:

Sekularisme adalah ajakan untuk menegakkan kehidupan di atas fondasi ilmu dan UUD positif dan akal serta menjauhi agama, dan memisahkannya dari negara dan kehidupan masyarakat serta terbatas pada hati nurani individu dan tidak berwenang untuk mengungkapkannya kecuali dalam batas-batas yang paling sempit.

Oleh karena itu, orang yang meyakini sekularisme sebagai pengganti agama dan tidak menerima hukum Islam dalam segala aspek kehidupan serta tidak mengharamkan apa yang diharamkan Allah maka dianggap murtad dan dia bukan orang Islam.

Dan perlu menegakkan hujjah atasnya dan meminta mereka bertobat sampai memasukkan mereka ke lingkungan Islam Kembali dan jika tidak, hukum murtad tetap jalan atasnya selama hidup maupun setelah mati.

 Rujukkan https://islamstory.com/ar/artical/20459/%D8%A7%D9%84%D8%B9%D9%84%D9%85%D8%A7%D9%86%D9%8A%D8%A9?fbclid=IwAR34bG8hcLQpgzyiHGbTBReUHPV-URRGV0wOXZN6waipTf-wZbIteRVccNE

alih bahasa dengan beberapa ringkasan oleh Hanif abu Muhammad

28 Shafar 1442/16 Oktober 2020
Share on Google Plus

About abu muhammad

Kami adalah kaum yang dimuliakan Allah dengan Islam, maka jika kami mencari kemuliaan dengan selainnya, maka Allah akan menghinakan kami [Umar bn Khattab].
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar :

Posting Komentar

Barangsiapa yang beriman kepada Allah dan Hari Akhir, maka berbicaralah yang baik atau diamlah” (HR Bukhari, Muslim)