Rencana Pembangunan Surau Asy-Syari'ah


Muqadimah 

Bismillahirrahmanirrahim, Alhamdulillahi Rabbil 'Aalamiin, puji serta syukur hanyalah milik Allah Subhanahu Wa Ta’ala, Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada qudwah hasanah kita Baginda Rasulullah Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam, para keluarga, shahabat serta kita para pengikutnya.

Dengan mengucap rasa syukur kehadirat-Nya karena atas izin dan petunjuk-Nya lah sehingga terbentuknya susunan Panitia Pembangunan Surau Asy - Syari'ah yang beralamat di Pakan Ambek, Jorong Ladang Laweh, Nagari Ladang Laweh, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Berikut ini kami sampaikan gambaran Rencana Pembangunan Surau asy-Syari'ah, Semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberikan kemudahan dalam rencana ini hingga pelaksanaannya. Aamiin.

Pengadaan mushalla/masjid termasuk salah satu investasi amal yang akan mengalirkan pahala terus menerus bagi orang-orang yang berinfaq untuk membangunnya. Karena hal ini termasuk salah satu dari tiga amal yang dinyatakan oleh Rasulullah Shallallahu 'alaihi wasallam :
“Apabila anak Adam (manusia) meninggal dunia, maka putuslah segala amal perbuatannya kecuali tiga perkara, yaitu: sedekah jariah (termasuk membangun masjid), ilmu yang bermanfaat dan anak yang shaleh yang mendoakan kedua orang tuanya” (HR. Muslim).

Dan termasuk keutamaan di dalam membangun masjid ataupun mushalla adalah bahwa orang-orang yang membangun masjid di dunia walaupun sebesar sarang burung atau lebih kecil, maka Allah akan membangunkan baginya rumah di surga (HR. Ibnu Majah dan di shahihkan oleh Syaikh Albany).

Bagi mereka yang membangun masjid/mushalla atau menyediakan dana untuk pembangunan termasuk dalam kategori Firman Allah :

“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui” (QS.Al-Baqarah : 261)

Melihat kebutuhan akan sarana ibadah surau/masjid yang memadai untuk kegiatan ibadah dan dakwah Islam bagi masyarakat khususnya di daerah Pakan Ambek Nagari Ladang Laweh, maka pada tanggal 17 Agustus 2014 melalui rapat Yayasan Ummul Quro Khairul Huda Bukittinggi, maka terbentuklah sebuah Panitia Pembangunan Mushalla Asy - Syari'ah. Terpilih untuk mengemban amanah sebagai Ketua Panitia adalah H. Harsis St. Rangkayo Basa.

Masjid asy-Syari'ah tampak dari samping depan

MAKSUD & TUJUAN 

Maksud Rencana pembangunan Surau Asy - Syari'ah adalah membangun rumah ibadah yang memadai dan mengikuti Sunnah Nabi Shalallahu ‘alaihi wasallam di atas lahan dengan peruntukan mushalla/masjid bagi umat Islam. Lebih lanjut Surau/Masjid ini dapat dimanfaatkan secara optimal untuk berbagai kegiatan ibadah, pelatihan dan dakwah keislaman, seperti : 
a. Memfasilitasi dan memberikan kenyamanan kepada ummat dalam beribadah. 
b. Memberikan sarana bagi ummat untuk berinfaq di jalan Allah dengan menyisihkan hartanya sebagai amal infaq shodaqoh jariyah. 
c. Menjadikan surau/masjid sebagai pusat aktivitas ummat termasuk dakwah amar ma’ruf nahyi munkar, pembinaan keimanan serta sarana pendidikan menuntut ilmu agama, dan pemberdayaan masyarakat. 
d. Menggiatkan dan meningkatkan partisipasi aktif masyarakat khususnya ummat muslim dari seluruh Jama'ah surau/Masjid, lingkungan RT/RW sekitar, dalam hal dakwah, pembinaan, aktifitas sosial sehingga meningkatkan keimanan dan tercipta kehidupan masyarakat yang Islami dengan ketaqwaan dan terbina ukhuwah diantar sesama warga. 
Masjid asy-Syari'ah tampak dari belakang

SURAU ASY – SYARI’AH 

Surau/masjid yang akan dibangun ini menyandang nama Surau Asy - Syari'ah. Mushalla ini akan didirikan di atas lahan yang telah di waqafkan oleh Ibu/Sdri Hj. Yunizar, terletak di Pakan Ambek Jorong Ladang Laweh Nagari Ladang Laweh dengan Luas +-1.800m2. Site plan mushalla ini telah sesuai dengan apa yang disampaikan panitia pembangunan kepada Pemerintah Daerah sehingga secara legal, pembangunan surau ini tidak bermasalah. Surau Asy - Syari'ah merupakan bangunan yang perencanaannya dua lantai dengan bangunan utama seluas ±800m2 yang diperkirakan mampu menampung ± 1000 Jamaah. Selanjutnya, mushalla ini juga akan direncanakan akan dilengkapi dengan ruangan penunjang kegiatan dakwah, pendidikan, perpustakaan serta lapangan parkir yang cukup luas pada lantai dasar. 
Masjid asy-Syari'ah tampak dari samping kiri

ANGGARAN & SUMBER DANA 

Rencana Pembangunan Surau Asy - Syari'ah tahap pertama ini, diperkirakan akan membutuhkan biaya lebih kurang Rp.2.700.000.000.- terbilang (Dua Milyar Tujuh Ratus Juta Rupiah) yang disajikan pada Tabel. Anggaran biaya secara rinci Terlampir. 

Adapun sumber dana bagi Pembangunan surau ini meliputi berbagai sumber, antara lain: 
a. Upaya penggalangan dana eksternal terutama melalui donatur tunggal. 
b. Penggalangan dana dari warga masyarakat muslim sekitar lokasi dengan penyebaran kupon infaq / donasi jariyah. 
c. Lelang kebutuhan bahan bangunan baik secara internal dan eksternal melalui publikasi secara luas termasuk melalui blog internet. 
d. Donasi dari instansi-instansi pemerintah atau swasta. 
e. Donasi dari umat dan masyarakat umum, baik berupa infaq, shodaqoh maupun zakat mal. 

Kebutuhan dana yang masih cukup besar diharapkan dapat terpenuhi dari berbagai upaya penggalangan dana yang banyak memerlukan keterlibatan seluruh warga. Oleh karena itu, panitia sangat mengharapkan bantuan serta dukungan baik moril maupun materiil dari kaum muslimin dan muslimat demi lancarnya pembangunan surau/masjid ini. 

No
Uraian Pekerjaan
Jumlah (Rp.)
I
Pekerjaan Persiapan
Rp.    31.700.000
II
Pekerjaan Struktur Lantai Dasar
Rp.  493.750.000
III
Pekerjaan Struktur Lantai Atas
Rp.  680.000.000
IV
Pekerjaan Struktur Atap
Rp.  204.000.000
V
Pekerjaan Struktur Tangga Utama 
Rp.    34.000.000
VI
Pekerjaan Finishing Dinding
Rp.  360.000.000
VII
Pekerjaan Finishing Penutup Atap
Rp.  153.000.000
VIII
Pekerjaan Kusen Pintu, Jendela & Kaca
Rp.    72.000.000
IX
Pekerjaan Plafond
Rp.  154.000.000
X
Pekerjaan Pelapis Lantai
Rp.  261.500.000
XI
Pekerjaan Finishing Tangga
Rp.    19.000.000
XII
Pekerjaan Kamar Mandi & Tempat Wudhu
Rp.    97.500.000
XIII
Pekerjaan Pengecatan
Rp.    30.000.000
XIV
Pekerjaan Instalasi Listrik, Air dan Sound Sistem
Rp.   95.000.000
 

DONASI PEMBANGUNAN SURAU

Nomor Rekening : 707 650 3227 Bank Syariah Mandiri / BSM Cab. Bukittinggi
a/n Yayasan Ummul Qura Khairul Huda

Contact Person


Ust. Jefrizal Abu Aisyah (0853 7444 2893)
Hanif Abu Muhammad (0813 6354 2715)
M. Rafkin Dt Tuo (0813 9893 9434)

KHATIMAH

Pada bagian penutup ini Panitia Pembangunan Surau Asy - Syari'ah, mengucapkan terima kasih kepada Donatur dan Semua Pihak yang telah mendermakan baik harta, pikiran maupun tenaga, dimana kesemua itu tidak lain kita berharap akan menjadi catatan amal kebaikan dan penolong kita pada hari kiamat nanti. Insyaa Allah, ini semua akan menjadi amal yang pahalanya senantiasa mengalir hingga kita berada di alam kubur.

Akhirnya, semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memberikan keluasan dan keberkahan rezki kepada kita semua sehingga kita dapat melakukan amal sholeh yang akan menjadi pemberat timbangan kebaikan kita di yaumil qiamah. Aamiin.

tertanda Panitia Pembangunan Surau Asy-syari'ah
Share on Google Plus

About Aburasyid

Kami adalah kaum yang dimuliakan Allah dengan Islam, maka jika kami mencari kemuliaan dengan selainnya, maka Allah akan menghinakan kami [Umar bn Khattab].
    Blogger Comment
    Facebook Comment