Radio Pasaman Barat FM 101,9

Radio Pasaman FM Pasaman Barat

Pendahuluan

Segala puji bagi Allah ‘Azza wa Jalla, kita memuji-Nya, memohon pertolongan-Nya dan memohon ampunan-Nya. Kita berlindung kepada-Nya dari kejahatan nafsu kita dan dari keburukan amal perbuatan kita. Barangsiapa diberi petunjuk oleh Allah, maka tiada satupun yang bisa menyesatkannya dan barangsiapa disesatkan-Nya, maka tiada satupun yang bisa menunjukinya. Saya bersaksi bahwa tiada tuhan yang berhak disembah kecuali Allah sendiri, tiada sekutu bagi-Nya dan saya bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba-Nya dan Rasul-Nya. 

Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah sebenar-benar takwa kepada-Nya; dan janganlah sekali-kali kamu mati melainkan dalam keadaan beragama Islam. Hai sekalian manusia, bertakwalah kepada Tuhanmu yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan dari keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silaturrahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu. Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kamu kepada Allah dan katakanlah perkataan yang benar, niscaya Allah memperbaiki bagimu amalan-amalanmu dan mengampuni bagimu dosa-dosamu. Dan barangsiapa menta`ati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar.

Sekilas Radio Sunnah Pasaman Barat

Berdirinya Radio Pasaman FM diawali semangat kami untuk mengabdikan diri bagi kemajuan kualitas intelektualitas masyarakat Indonesia khususnya kaum muslimin yang ditetapkan dalam bimbingan Islam untuk lebih mendekatkan wacana ilmu-ilmu Islam kepada masyarakat kaum muslimin.

Radio Pasaman FM 101,9 Mhz berdiri semenjak tahun 2001 menempatkan diri serta memposisikan keberadaannya sesuai dengan karakter masyarakat Pasaman Barat (Radio Budaya) dengan misinya memberikan informasi dan pendidikan yang cerdas, akurat, dan terpercaya bermuatan hiburan berkualitas dengan menampilkan warna lain, yaitu selain terhibur, pendengar juga mendapat ilmu pengetahuan.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa media elektronik begitu pesat perkembangannya dan mempunyai pengaruh yang sangat besar dalam berbagai sendi kehidupan.

Satu hal yang menjadi keprihatinan sekaligus kekhawatiran kita adalah bahwa sebagian besar media elektronik dikuasai oleh kaum non-muslim dan para pendukungnya. Mereka menjadikan media elektronik tersebut sebagai sarana untuk mendangkalkan aqidah Umat Islam serta berbagai program lainnya dalam melemahkan kaum muslimin.

Telah jelas terlihat betapa program pendangkalan aqidah yang dilancarkan telah berhasil menjauhkan kaum muslimin dari agamanya. Mayoritas kaum muslimin tidak mengenal Islam kecuali hanya nama saja dan mereka melakukan berbagai penyimpangan dalam berbagai hal, serta jauh dari syari’at Islam yang sebenarnya. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk membentengi aqidah umat dengan menggunakan media elektronik sehingga bisa tersebar secara luas kepada kaum muslimin.

Alhamdulillah, tepat pada hari Kamis, tanggal 5 Februari 2009, atas hidayah dan petunjuk Allah ‘Azza wa Jalla, berubahlah program PT. Radio Suara Bumi Indah Pasaman yang pada awalnya berprogram musik, tradisi, dan informasi (Radio Budaya) menjadi radio berprogram lembaga bimbingan Islam dan dakwah bermanhaj salaf yang dapat menyumbangkan pemikiran dan informasi untuk masyarakat umum berupa ilmu pengetahuan di bawah bimbingan ust. Muhammad Elvi Syam, Lc. (Alumni Universitas Islam Madinah), Ust. Abdul Halim, Lc. (Alumni Universitas  Muhammad ibnu Sa’ud Madinah Cabang Jakarta), Ust. Ahmad Daniel, Lc. (Alumni Universitas Islam Madinah), Ust. Faishal Abdurrahman, Lc. (Alumni Universitas Muhammad ibnu Sa’ud Madinah Cabang Jakarta).

Pada saat awal memulai “Menebar Sunnah Menggapai Mardhotillah” melalui siaran radio format dakwah, kami mengutus Ust. Abdul Halim, Lc. ke Radio Rodja untuk mendapatkan program dan kerja sama penyiaran. Oleh karenanya, kami sangat berterima kasih kepada para Asatidzah Radio Rodja atas bantuan dan bimbingannya selama ini. جَزَاهُمُ الله ُخَيْرًا

Dampak dari terselenggaranya program Radio Pasaman FM ini telah terciptanya komunitas pendengar radio di kampung-kampung dan pelosok di Kabupaten Pasaman Barat dan sekitarnya dengan bukti hausnya mereka dengan ilmu dan masuknya mereka ke dalam manhaj yang hak, seperti satu buah desa di pesisir pantai barat Sumatera, yaitu Kampung Sikilang.

Bahkan sebuah daerah di luar Kabupaten Pasaman Barat, Maninjau Kabupaten Agam, pun ikut mendengar kajian Radio Pasaman FM dengan antusias, relanya mereka menaikkan tiang-tiang pemancar radio mereka ke tempat yang lebih tinggi guna untuk jelasnya siaran Radio Pasaman FM. Hasilnya, dengan Acara Tabligh Akbar yang diselenggarakan di Kabupaten Pasaman Barat, mereka datang mendengarkannya walaupun jauh jarak yang mereka tempuh.

Perjalanan waktu dengan berubahhya Radio Pasaman FM dari Radio Budaya kepada Radio Dakwah, dan atas keikhlasan Bapak Ir. Mulyadi dan keluarganya selaku pemilik saham tunggal radio ini dan semua fasilitasnya telah dengan ikhlas melepas seluruh kepemilikannya kepada kaum muslimin yang dibuktikan dengan surat hibah yang disahkan di depan notaris Rustim Afandi, SH, Kabupaten Pasaman Barat, nomor: 490/D/III/2010. Tanggal 06 Maret 2010, yang dalam hal ini mewakili kaum muslimin untuk menerima hibah adalah: (1) DR. Ali Musri Semjan Putera, MA; (2) Desman, S.Pd.I; (3) Dalmi, S.Pd.I, selaku pembina dan pengurus Yayasan An-Naajiya Kabupaten Pasaman Barat.

sumber : annaajiyah.wordpress.com

Alamat :
Simpang Tigo-Ophir, Luhak Nan Duo, Pasaman Barat,
Sumatera Barat 26366.

Phone : 0753-466357  +62.813.23.88.30.81


website Resmi : www.pasamanfm.com 
Facebook FP : www.facebook.com/pasamanfm
Info lain : id.wikipedia.org/wiki/Pasaman_FM

Share on Google Plus

About assunnah

Kami adalah kaum yang dimuliakan Allah dengan Islam, maka jika kami mencari kemuliaan dengan selainnya, maka Allah akan menghinakan kami [Umar bn Khattab].
    Blogger Comment
    Facebook Comment